Sabtu, 26 November 2016

AKSI INTERAKSI


   Aksi interaksi adalah Suatu organisme hidup akan selalu membutuhkan organisme lain dan lingkungan hidupnya. Hubungan yang terjadi antara individu dengan lingkungannya sangat kompleks, bersifat saling mempengaruhi atau timbal balik. Hubungan timbal balik antara unsur-unsur hayati dengan nonhayati membentuk sistem ekologi yang disebut ekosistem. Di dalam ekosistem terjadi rantai makanan, aliran energi, dan siklus biogeokimia.

1. Rantai Makanan 




 Rantai makanan adalah perpindahan materi energi dari makhluk hidup satu ke makhluk hidup lain melalui proses makan dimakan dengan nurutan tertentu.
Berdasarkan komponen tingkat trofiknya, rantai makanan dibedakan menjadi 2, yaitu: rantai makanan perumput dan rantai makanan detritus

1.rantai makanan perumput:
apabila tingkat tropic pembentuk rantai makanan di mulai oleh organisme autotrof terdiri dari tumbuhan (produsen)
contoh: Tumbuhan hijau -> belalang -> burung insektivora -> burung karnivora
atau fitoplankton -> ikan herbifora -> ikan karnivora -> pengurai


2.Rantai makanan detritus
Apabila tingkat trofik pertama dari rantai makanan dimulai dari detritus
( hancuran)/fragmen bahan yang telah terurai
contoh: detritus -> cacaing tanah -> burung.



2. Aliran Energi 







Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi (karnivora), sampai ke saproba, aliran energi juga dapat diartikan perpindahan energi dari satu tingkatan trofik ke tingkatan berikutnya. Pada proses perpindahan selalu terjadi pengurangan jumlah energi setiap melalui tingkat trofik makan-memakan. Energi dapat berubah menjadi bentuk lain, seperti energi kimia, energi mekanik, energi listrik, dan energi panas. Perubahan bentuk energi menjadi bentuk lain ini dinamakan transformasi energi.

3.Siklus Biogeokimia




Siklus biogeokimia adalah jalur alami sirkulasi unsur yang penting dari kehidupan. Unsur-unsur ini dari materi hidup dapat mengalir dari tak hidup abiotik ke komponen hidup biotik biopshere dan kemudian kembali ke komponen abiotik
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar